Friday, November 30, 2007

menulis artikel ilmiah episode 1

Setelah blog ini penuh dengan curhat2an, he3x (era ka kang reno)

Mari kita mulai isi dengan yang lebih mendidik. Untuk permulaan mari kita mulai dengan seri bagaimana menulis artikel ilmiah yang baik dan benar (diambil dari buku Merebut hati audiens internasional, Zifirdaus (2005))..

untuk permulaan, kita mulai dengan definisi artikel ilmiah
Artikel ilmiah adalah " tulisan yang berisi lapran sistematis mengenai hasil kajian atau hasil penelitian yang disajikan bagi masyarakat ilmiah tertentu, yang merupakan audiens khusus dengan tujuan menyampaikan hasil kajian dan kontribusi penulis artikel kepada mereka untuk dipikirkan, dikaji kembali, dan diperdebatkan -baik secara lisan ataupun secara tertulis."

secara umum, pola tulisan artikel ilmiah ada dua macam:
1. Pola IMRD
yaitu pola penulisan artikel ilmiah yang memiliki sub judul Introduction (Pendahuluan), Method (Metode penelitian), Result (Hasil penelitian), dan Discussion (Pembahasan). ada juga yang menambahkan Conclusion (kesimpulan) dan Implication (implikasi). Pola IMRD ini sering juga disebut pola empiris, karena mengandalkan data empiris sebagai bukti2.

2. Pola Non-IMRD
kebalikan dari pola IMRD pola yang satu ini tidak memiliki acuan sub judul sama sekali :D, alias bebas. biasanya artikel2 berpola non-IMRD merupakan artikel argumentatif ataupun review articles. Bisa juga artikel penelitian kualitatif.

Selain perbedaan, ada juga persamaan diantara kedua pola diatas. Kedua pola ini biasanya memiliki sub judul abstak dan pendahuluan.


Sesi berikutnya:
Bagaimana menulis judul dan abstrak...

Ruang sindikat MSM, 4:58 AM
Halda Aditya Sign out
menulis ditemani kue keju pita oleh2 tevy

No comments: